November 30, 2007

SIAP NGGA' SIAP TINGGAL DI SOROWAKO

Rasanya ga percaya waktu bojo-ku malam-malam mengutarakan niatnya pindah kerja ke Sorowako.
Sorowako? Dimanakah itu ? Kok aku ga pernah denger ya…Padahal ruang lingkup kerjaku saat itu selalu berhubungan dengan banyak kota di Indonesia. Sedikit penjelasan ku dapat bahwa Sorowako itu adalah daerah tambang Nickel di Sul Sel. Rupanya bojo-ku diterima bekerja di sana.Singkatnya enam bulan setelah percakapan itu saya dan anak-anak harus pindah ke sana karena bojoku ga mau hidup terpisah denganku dan anak-anak, dan kebetulan seluruh fasilitas buat keluarga ditanggung perusahaan.Buatku keputusan pindah sangat beraat…. Pekerjaanku yang sudah 13 tahun aku geluti harus berakhir, meninggalkan Ibuku yang sangat bergantung padaku sejak bapakku berpulang , berpisah dengan teman-teman baik… Banyak banget deh urusan yang harus diselesaikan.
Awal Agustus 2005, kami menginjakkan kaki di Sorowako..Aku memang ga ada kesempatan untuk survei lokasi.Pokoknya percaya penuh dari info foto-foto, film, cerita Masku dan internet.
Lega rasanya anak-anak cukup tenang di perjalanan.. Kami langsung menuju ke rumah "tinggal".Ternyata rumah kami punya halaman sangat luas dan persis di depan danau Matano. Lokasi sekolah juga cukup dekat cuma 5 menit jalan kaki ! Wah, aku langsung terbayang ibuku yang pasti kerasan banget kalo ikut..
Hari-hari berikutnya aku mulai melakukan rutunitas pekerjaan rumah tangga.. karena disini sulit sekali mencari PRT. Yang cukup sulit buatku adalah MEMASAK! Aku harus pandai pandai mengatur menu masakan, mau tau kenapa? Disini ga ada warung or restoran yang sesuai lidah. Semua kebutuhan rumah tangga hanya ada di pasar tradisional, ga ada Mall…
Tapi untuk kegiatan sosialisasi khususnya buat ibi-ibu , disini cukup variatif lo… mulai arisan, kursus, organisasi dan olah raga.
Menginjak tahun ke 3 disini anak-anak sangat kerasan …buktinya kalau kami pulang ke Jakarta, anak-anak selaku ingin kembali ke Sorowako!Untuk aku sih selama anak-anak dan suami senang aku juga senang (he…he… apa betul ya??).Kalau rasa jenuh datang, biasanya kami sekeluarga rekreasi renang di danau or keliling danau by raft atau terbang ke kota Makasar.
Hingga saat ini kesanku tinggal di Sorowako cukup nyaman…walaupun aku agak bersusah payah memasuki lingkungan yang baru.. Maklum lah aku sudah sejak remaja aku tinggal dikota besar. Untunglah kebanyakan keluarga di Sorowako adalah keluarga pendatang,jadi kita bisa saling bertukar cerita,pengalaman,hobby dan lain-lain.
Ayo, siapa yang tertarik mampir ke Sorowako, silahkan datang ya..

7 komentar:

Wieck mengatakan...

wah salut nih mbak Tuti, web content-nya dah mulai rame, aq paling demen baca cerita yg satu ini karena kayaknya ini adalah curhatan ibu2x "ftm" yg tadinya aktif bekerja dan tinggal di kota besar.....he...he..he soalnya ceritanya mirip2x punyaku dan mungkin masih banyak ibu2x lainnya

Roro mengatakan...

Enak y mba hdup bhagia dgn suami dsrwko...sy py cln suami orng srwko tpi orng tua sya tdk stju.pdhl sy kpingn bgt tngal dsna..sy indah dri jakarta.slm knal

deprat mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
deprat mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
deprat mengatakan...

Sorowako nama yang asing terdengar,tetapi membuat penasaran orang-orang yang menyukai alam, keindahan dan kedamaian.walaupun hanya tahu,mendengar dan membaca cerita orang.Sorowako nama yang sangat gagah.

ade mengatakan...

waaahhh... kliatanna menarik ya bu. sy jg brasal dr jawa tepatna d sby n skr tgl d makassar jg krn pkrjaan. sy pgn jln2 kliling sulsel tp msh blm ksmpaian. stlh browse d inet, sptna sorowako menarik hati sy. someday sy akan pergi ksna. smg qt bs ktmu jg ya bu...

salam
md

Anonim mengatakan...

Saya kerja di Bank Mandiri, sudak 2x ke Soroako untuk jangka waktu cukup lama .... alamnya asri, bersih, damai .... jadi kangen pingin ke Soroako lagi meski naik pesawat kecil